Minggu, 23 Januari 2011 | | By: lyy Mahli

Daftar Bola Resmi Piala Dunia

Minggu, 23 Jnauari 2011
walaupun pertama kalinya piaala dunia diselenggarakan pada tahun 1930, namun bola yang digunakan belum menggunakan bola resmi. Bola yang digunakan adalah bola kulit


namun semenjak piala dunia 1970 yang dilaksanakan di Mexico, sebuah brand olahraga ternama 'adidas' menjadikan sebuah kerjasama untuk menjadi 'official partner' piala dunia.

Berikut adalah daftar bola resmi piala dunia semenjak piala dunia 1970 :
1. Telstar : Mexico, 1970

Adidas mulai membuat sepak bola pada tahun 1963 tetapi membuat resmi pertama bola Piala Dunia FIFA pada tahun 1970. Bola pertama digunakan dalam Piala Dunia untuk menggunakan jenis Buckminster design.The bola pertama dengan 32 panel hitam dan putih. Yang Telstar lebih terlihat pada televisi hitam putih (1970 Piala Dunia FIFA mexico ™ adalah yang pertama akan disiarkan langsung di televisi).

2. Telstar Durlast R : West Germany, 1974
 
Telstar kembali digunakan. Versi lain adalah 'Chile Durlast' bola yang tidak memiliki panel hitam.





3. Tango Durlast: Argentina, 1978

Bola diwakili desain elegan, dinamisme dan gairah.


4. Tango Espana: Spain, 1982

  Piala Dunia FIFA Meksiko, melihat pengenalan dilapisi polyurethane pertama bola yang tahan hujan. Sintetis pertama pertandingan bola, dengan kualitas yang baik pada permukaan yang keras dan basah.

5. Etrvsco: Italy, 1990

Bola ini adalah produk berteknologi tinggi yang dibuat sepenuhnya dari serat sintetis kualitas. Tterdiri dari tekstil diresapi dengan lateks untuk bentuk perlawanan terhadap stabilitas dan robek..

7. Questra: USA, 1994

Piala Dunia FIFA USA, 1994, bola resmi yang diselimuti lapisan plastik busa.

Hal ini tidak hanya membuatnya lebih tahan air, tetapi lebih memungkinkan percepatan bola ketika ditendang. Bola permainan yang baru terasa lebih lembut untuk disentuh. Peningkatan kontrol bola dan kecepatan yang lebih tinggi saat bermain.

8. Tricolore: France, 1998

Piala Dunia FIFA Perancis adalah bermain dengan bola Perancis yang memakai merah-putih-biru tri-warna. Keberangkatan lengkap dari tradisi lama pola hitam dan putih. bola remi pertama Piala Dunia yang berwarna. The tricolore digunakan mencetak underglass teknologi dengan lapisan tipis busa sintaktik.

9. Fevernova : Korea - Japan, 2002

Untuk FIFA World Cup Korea Jepang, 2002, Adidas membuat sebuah bola terbuat dari lapisan batin yang lebih tebal untuk meningkatkan akurasi bola dalam penerbangan.

10. Teamgeist : Germany, 2006

Diciptakan pada piala dunia di jerman.
Dntuk partai final digunakan bola khusus






11. Jabulani : South Africa 2010

ini bola resmi untuk piala dunia 2010 gan.
Sama seperti bola-bola Piala Dunia sebelumnya, ‘Jabulani’ juga memiliki warna-warna khas dari negara tuan rumah. Sekilas bola itu hanya memiliki warna putih hitam dan kuning, tetapi jika dilihat lebih detail ada sebelas warna yang melambangkan sebelas bahasa dan sebelas komunitas di Afrika Selatan serta menggambarkan satu tim sepakbola.

‘Jabulani’ sendiri berarti perayaan dalam bahasa isiZulu, salah satu bahasa yang digunakan di Afrika Selatan. Dengan bola itu diharapkan Piala Dunia ke-19 itu akan meriah dengan keberadaan para fans sepakbola dunia yang akan merayakan pagelaran pesta sepak bola empat tahunan itu.

Menurut pembuatnya, ‘Jabulani’ adalah bola paling bulat yang pernah ada yang terdiri dari delapan panel spesial. Bola Piala Dunia edisi ke-16 dari Adidas ini menerapkan teknologi Grip 'n Groove yang mampu membuat bola stabil di udara dan dapat dikontrol dengan mudah di segala kondisi.


Sumber : http://archive.kaskus.us/thread/2907559

 
 
 

0 komentar:

Posting Komentar