Senin, 28 Februari 2011 | | By: lyy Mahli

Bikin 2 Gol, Chicharito Absen Lawan Chelsea

Senin, 28 Februari 2011
Bikin 2 Gol, Chicharito Absen Lawan Chelsea

MANCHESTER, KOMPAS.com — Meski mencetak dua gol pada pertandingan terakhir, penyerang Manchester United, Javier "Chicharito" Hernandez disebut Daily Mail tak dijamin manajer Alex Fergsuson masuk skuad yang akan melawan Chelsea, di panggung Premier League, Rabu (2/3/2011). Menurut mereka, Ferguson masih akan memainkan pola 4-4-2, dengan Wayne Rooney dan Dimitar Berbatov mengisi lini serang.
Pada pertandingan terakhirnya, MU melawan Wigan Athletic, Sabtu (26/2/2011). Pertandingan berakhir 4-0 untuk MU dengan dua gol pertama dicetak oleh Hernandez.
Saat itu, MU memainkan pola 4-4-2, dengan Rooney dan Hernandez di lini serang. Adapun Berbatov baru masuk menggantikan Hernandez pada menit ke-77 dan menyumbang satu assist untuk gol terakhir, yang dicetak Rooney pada menit ke-84.
Berkat hasil itu, MU menguasai klasemen dengan 60 poin, atau unggul empat angka dari pesaing terdekat, Arsenal. Mengingat mereka masih akan bertemu Arsenal sekali lagi, MU harus bisa menjaga konsistensi meraih tiga angka, untuk tetap berada di luar jangkauan Arsenal.
Dengan begitu, penting bagi MU untuk menang atas Chelsea. Masalahnya, MU terancam kesulitan mencapai target. Selain karena status Chelsea sebagai juara bertahan, mereka juga sedang berada dalam masa sulit, dan pertemuan dengan MU adalah waktu yang tepat dijadikan momen kebangkitan.
Chelsea saat ini berada di tempat kelima dengan 45 poin, atau kalah dua angka dari Tottenham Hotspur di tempat keempat. Sebagai salah satu tim besar dan ambisius, finis di luar zona Liga Champions, ibarat terdegradasi. Dengan menang atas tim langganan juara seperti MU, Chelsea bukan saja bisa menembus empat besar, tetapi juga membuktikan bahwa status juara dan sederetan pemain top mereka bukan macan ompong.
Dengan begitu, kepentingan Chelsea untuk menang lebih besar daripada MU, yang hanya butuh tiga angka untuk menjaga persaingan juara. Inilah yang disebut Daily Mail menjadi pertimbangan Ferguson untuk menurunkan pemain yang sudah matang, bukan saja dalam hal bakat dan performa, melainkan pengalaman dan reputasi.
Di atas kertas, Berbatov lebih baik dari Hernandez dari banyak aspek. Hingga pekan ke-27 Premier League musim ini, Berbatov sudah bermain sebanyak 24 kali dengan tiga di antaranya sebagai cadangan dan mencetak 19 gol dan tiga assist. Adapun Hernandez telah bermain 18 kali dengan sepuluh di antaranya sebagai pengganti dan mencetak sembilan gol dan satu assist.
Catatan Hernandez itu lebih baik dibanding Rooney, yang sudah bermain sebanyak 18 kali dengan dua di antaranya sebagai pengganti dan mencetak enam gol dan sebelas assist.
Namun, Rooney punya kelebihan dalam hal jam terbang dan pengaruh dalam tim, yang kadang kala lebih dibutuhkan dibanding keterampilan individu dalam pertandingan-pertandingan besar.
Dengan begitu, akan mengejutkan jika Ferguson mencadangkan salah satu dari Rooney dan Berbatov untuk memberi ruang bagi Hernandez, pada pertandingan versus Chelsea itu. Meski begitu, Ferguson juga bukan orang yang tidak bisa membuat kejutan.
Ketika MU mengalami krisis bek pada hampir selama paruh pertama musim 2009-2010, ia pernah menjadikan gelandang Darren Fletcher dan Michael Carrick sebagai bek, misalnya pada pertandingan Premier League melawan Aston Villa yang berujung kekalahan 0-1 (12/12/2009), dan melawan West Ham (5/12/2009) yang berakhir kemenangan 4-0.

0 komentar:

Posting Komentar