Senin, 28 Februari 2011 | | By: lyy Mahli

Valencia Taklukkan Bilbao

Senin, 28 Februari 2011
Valencia Taklukkan Bilbao


BILBAO, KOMPAS.com - Setelah unggul terlebih dulu dan tampil lebih mekenan, Athletic Bilbao malah harus tunduk dari tamunya Valencia dengan skor 1-2 dalam laga lanjutan Liga BBVA, Minggu atau Senin (28/2/2011) dini hari WIB. Gol dari Juan Mata dan Jonas di babak kedua membuat gol Fernando Llorente di babak pertama menjadi sia-sia.
Hasil ini makin mengokohkan posisi Valencia di peringkat ketiga dengan 51 poin. Sementara Bilbao tetap terpaku di posisi keenam dengan torehan 38 poin.
Bilbao sebenarnya mengawali pertandingan dengan serangan yang baik. Mereka malah sudah unggul pada menit ke-14. Umpan sodoran dari gaizka Toquero berhasil dimanfaatkan Fernando Llorente dari jarak dekat. Kiper Valencia, Vicente Guaita, pun tak mampu menahannya.
Bilbao tak mengendurkan serangangan meski sudah unggul satu gol. Llorente, Javi Martinez, dan Toquero brgantian berupaya membongkar pertahanan Valencia. Tapi, hingga menit ke-40 mereka selalu gagal menembus jala Guita.
Valencia bukan tanpa peluang. Tapi, permainan mereka kurang berkembang setelah mendapat tekanan dari para pemain tuan rumah.
Tak banyak perubahan yang terjadi di babak kedua. Bilbao masih terus menekan dan berupaya menciptakan gol kedua demi mengamankan kemenangan. Sementara Valencia masih kesulitan membongkar pertahanan ketat Bilbao. Bahkan, mereka tampak mulai frustrasi.
Ini dimanfaatkan Bilbao untuk terus menekan. Llorente mendapat kesempatan emas mencetak gol keduanya pada menit ke-65. Sayang, ia masih harus berhadapan dengan tiang gawang yang menggagalkan usahanya.
Lebih sering ditekan, Valencia malah berhasil menyamakan kedudukandi pada menit ke-71. Umpan dari Pablo dari sisi kanan mampu dimanfaatkan oleh Juan Mata dengan kaki kirinya, 1-1.
Bilbao sebenarnya mampu membalas gol di menit ke-75. Tapi, sebelumnya beberapa pemain Bilbao sudah berada dalam posisi offside.
Valencia berbalik unggul pada menit ke-82 melalui pemain pengganti Jonas. Jonas memanfaatkan bola muntah hasil tendangan keras Tino Costa dari luar kotak penalti yang tak mampu diselamatkan secara sempurna oleh kiper Bilbao, Gorka Iraizoz.
Bilbao berusaha mengejar. Namun, mereka gagal menghindari kekalahan 1-2.

0 komentar:

Posting Komentar