Jumat, 14 Januari 2011 | | By: lyy Mahli

piala asia 2011 Qatar

 jepang menang 2-1 suriyah pada laga di grup B

Oleh Aditya Ramadhan

AFC Asian Cup - Syria v Japan,Makoto Hasebe's goal(Getty Images)
AFC Asian Cup - Syria v Japan,Makoto Hasebe's goal(Getty Images)
Jepang mengempaskan Suriah 2-1 dengan sepuluh pemain, dalam laga kedua penyisihan Grup B Piala Asia 2011.

Laga diwarnai dua kartu merah. Eiji Kawashima, penjaga gawang Jepang, diusir wasit Torky Mohsen menit ke-76. Suriah kehilangan Nadim Sabagh ketika laga memasuki injury time.

Keisuke Honda menjadi pahlawan kemenangan Jepang, lewat gol eksekusi penalti menit ke-Keisuke Honda. Gol kemenangan ini dicetak hanya sembilan menit setelah Jepang kehilangan Kawashima, dan bermain dengan penjaga gawang cadangan.

Makoto Hasebe, yang berlaga di Bundesliga bersama Wolfsburg, membuka skor untuk Jepang menit ke-35. Suriah menyamakan keduduk lewat penalti kontroversial yang dieksekusi Firas Al-Khatib.

Kawashima dianggap menjatuhkan Sanharib Malki, kendati pemain Suriah itu telah berada pada posisi offside. Pemain Jempang sempat protes, tapi Kawashima tetap diganjar kartu merah, dan Suriah diberi hadiah penalti.

Ofisial Jepang juga sempat protes, tapi wasit tetap pada keputusannya. Shusaku Nishikawa gagal mencegah eksekusi penalti Al Khatib, meski telah bergerak ke arah yang benar.

Kehilangan satu pemain tidak membuat Jepang patah arang. Mereka yakin masih bisa melawan. Jepang sangat membutuhkan kemenangan.

Karakter Samurai terlihat nyata. Mereka tetap tenang, menyerang dengan skema yang rapi, dan berusaha tidak kehilangan bola.

Memasuki menit ke-82, Shinji Okazaki -- yang berdiri sendirian di depan -- terlibat duel dengan Ali Dyab. Ia dijatuhkan di kotak penalti, dan wasit memberikan hadiah penalti untuk Jepang.

Tembakan Honda lurus saja, dan nyaris menyentuh kaki penjaga gawang Suriah, dan masuk.

Suriah berusaha mengejar ketinggalan lag, tapi tidak cukup waktu. Memasuki injury time, giliran Suriah yang kehilangan satu pemainnya.

Kemenangan Jepang membuat persaingan di Grup B kian menarik. Jepang dan Yordania memimpin dengan masing-masing mengemas empat angka. Saudi Arabia di dasar klasemen.

Yordania masih berpeluang meraih satu tiket, jika pada laga terakhir mampu mengalahkan Suriah. Jepang juga butuh angka lagi saat menghadapi Arab Saudi.

0 komentar:

Posting Komentar